Wednesday, February 15, 2017

Budaya Membaca untuk kemajuan bangsa




Budaya membaca

     Budaya Membaca, Membangun Indonesia dari Desa
Saat ini terjadi dinamika perubahan lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi yang sangat cepat. Terbangunnya sebuah peradaban maju tidak terlepas dari pengaruh sumber daya manusia, lingkungan, budaya dan ekonomi. Dengan sumber daya manusia, maka sebuah kemajuan akan dapat tercapai baik itu kemajuan individu, lingkungan sosial, budaya dan ekonomi. Desa, adalah salah satu parameter dimana sebuah bangsa dapat disebut mempunyai peradaban maju. Karena tidak dipungkiri, sebuah budaya, peradaban sosial dan ekonomi dimulai dari sebuah kelompok kecil dari suatu bangsa, yaitu Desa. Untuk menjadi sebuah desa yang siap menerima perubahan dinamika yang ada serta menyikapi perubahan tersebut secara arif dan bijak tanpa meninggalkan kultur budaya yang ada, tentunya sebuah desa harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang siap menerima tantangan dan perubahan dinamika suatu peradaban.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan budaya membaca. Terbangunya sebuah peradaban yang maju tidak terlepas dari pengaruh tingginya minat baca. Dengan membaca, akan mendapatkan sebuah informasi ataupun pengetahuan dalam berbagai hal.

Kecenderungan masyarakat menganggap bahwa bisa membaca suatu keharusan, namun tidak terlalu menganggap penting kemampuan membaca dijadikan menjadi budaya membaca. Budaya membaca bagi masyarakat desa masih kurang berjalan dengan baik, karena mereka lebih senang menonton televisi. Dengan kemajuan peradaban kita tidak bisa melarang atau bahkan membatasi kebiasaan masyarakat.

Banyaknya jenis hiburan di masyarakat, salah satunya televisi yang mengalihkan perhatian anak-anak dari buku ke televisi, lebih suka menonton televisi berjam-jam daripada membaca buku, walaupun informasi yang didapatkan dari televisi juga ada yang bermanfaat. Namun perlu adanya keseimbangan agar membaca menjadi sebuah budaya yang ada di dalam masyarakat desa.

Diperlukan pendekatan persuasif kepada masyarakat akan pentingnya membaca. Perlu kesadaran dan komitmen orang tua, masyarakat, pemerintah desa dan lembaga yang ada di desa untuk menumbuhkan minat baca. Keluarga merupakan lingkungan paling awal dalam menanamkan, menumbuhkan dan membina minat baca dimulai dari diri kita, anak-anak kita. Setelah itu baru kemudian lingkungan sekolah, masyarakat dan desa.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi dapat dijadikan sebagai salah satu cara menumbuhkan minat baca menjadi sebuah budaya. Adanya perpustakaan yang di kemas dengan baik, menarik, selain tempat yang nyaman, tenang juga dapat memanfaatkan sistem informasi online seperti media sosial, website, blog, dll.

Dalam rangka menciptakan, menanamkan, menumbuhkan minat baca menjadi sebuah budaya masyarakat desa, membangun masyarakat yang cerdas, kreatif, produktif sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, diperlukan komitmen bersama antara masyarakat dan pemerintah desa, dimana semua pihak mempunyai peran dan tanggung jawab bersama untuk kemajuan desa demi menyongsong masa depan desa menjadi lebih baik. Karena pada dasarnya kemajuan, perkembangan, perubahan sebuah desa diawali terlebih dahulu oleh kemajuan, perkembangan dan perubahan sumber daya manusianya.

Tersedianya sarana dan prasarana perpustakaan yang ada dan didukung sepenuhnya oleh warga masyarakat dan pemerintah desa sebagai kolaborator diharapkan dapat menumbuhkan budaya membaca oleh seluruh warganya.

“Mari kita tanamkan dan tumbuhkan minat baca masyarakat menjadi sebuah budaya membaca dimulai dari diri sendiri dan keluarga, yang pada akhirnya menuju pada satu pusaran peradaban yaitu masyarakat yang berkeadilan sosial, sejahtera, adil dan makmur yang siap menghadapi dan menyongsong dinamika perubahan peradaban”

No comments:

Post a Comment

Kasih sayang Adalah Anugerah Dari yang maha kuasa

KEKUATAN DARI KASIH DAN SAYANG Kasih sayang dan cinta. Itu semua adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada kita semua. Tujuan...